Sudah Aktif di Sosmed, Bisnis Pasti Langsung Cuan?
Jawaban dari headline diatas adalah BELUM TENTU. Hati-hati kemakan over-promise berbagai servis jasa promosi yang sangat mendewakan sosmed sebagai platform pasti cuan demi dapet project.
Jika kehadiran bisnis kamu di sosmed adalah syarat minimum untuk era digital ini, maka pebisnis juga harus memastikan proses operasional internal sudah siap raup #cuan. Percuma aktif promo di sosmed, ketika netizen udah mau beli, tapi operasional bisnis kamu belum siap, dan belum mikirin problem solving di lapangan.
Berikut beberapa rekapan consumer insights dari WJ selama manage sosmed dan create marcom strategi untuk client di Food & Beverage Services.
- Min, aku udah order di WA ke CS yang di bio Instagram, tp kok gak dibales?
- Min, bisa ordernya dimana aja ya? Nggak ada di #Tokopedia atau #Shopee?
- Min, ini produknya nggak ada servis delivery same day atau instant?
- Kalo anter ke area selatan berat di ongkir dong min?
- Min, kok makanannya tumpah sih pas sampe?
- Kok rasanya lain dari order pertama?
Percakapan diatas adalah beberapa case yang paling sering terjadi. Ketika proses eksekusi internal gagal menjawab semua komplain dan kebutuhan pelanggan, maka aktivitas promo sosmed secara otomatis hanya sukses menjual tapi gagal cuan dan siap-siap hilang dari peredaran.
Apa saja yang bisa kita pelajari dari beberapa case diatas?
- Proses eksekusi bisnis harus sama bagusnya dengan proses promosi di sosmed.
- Kata-kata di sosmed hilang makna, bila perjalanan cuan tidak diimbangi oleh eksekusi yang cemerlang dan tuntas.
- Key Success Point untuk Food & Beverage servis adalah rasa otentik dengan harga yang affordable.
- Penawaran lain, seperti: suasana restoran/cafe/coffee shop, akan menjadi added value yg tidak berpengaruh signifikan terhadap angka cuan bisnis.
Jadi apa saran untuk pebisnis bila menghadapi case diatas?
- Tentukan target market secara spesifik untuk bisnis kuliner kamu, target market rela bayar berapa? dengan rasa yang kamu punya.
- Evaluasi berkala bahwa target market adalah potret pelanggan setia yang akan jadi brand ambassador sukarela, so jangan sampai bikin mereka kecewa.
- Bikin promosi untuk menarik new customer, tapi jangan lupa pelanggan setia harus dikasih treatment juga.
- Pastikan proses product delivery tidak merusak kualitas produk kamu.
- Insights: untuk beberapa konsumen upper class: product packaging, personalized service, dan kemudahan order berpengaruh signifikan untuk meraup cuan lebih.
copyrights @wj.brand We Do Share, We Do Care